TANGLED

RESENSI FILM “TANGLED


                                                                                   

Film tangled ini adalah film animasi favorite aku. Walaupun belum lama ini walt disney baru saja merilis film bertajuk sejenis berjudul frozen yang sangat booming dipasaran, tapi... film tangled ini ga tergantikan dan tetep jadi my all time favorite ;).

Diproduksi oleh Walt Disney Pictures, nama yang cukup disegani di industri perfilman Hollywood ,khususnya film-film animasi. Bertepatan dengan perilisan karya mereka yang ke-50, Disney kembali mengolah sebuah kisah fairy tale klasik untuk kemudian dirilis ke dalam bentuk animasi musikal. Pilihan kali ini jatuh kepada kisah Rapunzel yang diadaptasi dari dongeng klasik populer jerman karya Brothers Grimm. Tidak hanya memberikan sentuhan baru pada kisah tersebut  dan sebuah judul baru, Tangled, dengan kembali mengajak komposer handal Alan Menken, Disney bertekad kuat untuk kembali menghembuskan semangat film-film animasi klasiknya kepada film ini.

SINOPSIS

Kisah Tangled masih menyerupai kisah Rapunzel yang telah lama dikenal masyarakat luas. Bedanya, tidak ada seorang pangeran di dalam kisah ini yang datang untuk menyelamatkan sang putri. Yang ada hanyalah seorang penjahat tampan bernama Flynn Ryder (Zachary Levi) yang secara tidak sengaja masuk ke sebuah menara dimana Rapunzel (Mandy Moore) telah tinggal seumur hidupnya. Rapunzel sendiri tinggal di menara tersebut semenjak bayi setelah ia diculik oleh Mother Gothel (Donna Murphy) dari kedua orangtuanya yang merupakan raja dan ratu sebuah kerajaan. Mother Grothel sendiri menculik Rapunzel untuk memanfaatkan kekuatan magis rambut Rapunzel dan menjaganya agar tetap awet muda.

Walau pada awalnya sama sekali tidak mempercayai Flynn, Rapunzel akhirnya berhasil memaksa Flynn untuk mengajaknya keluar dari menara tersebut dan pergi melihat festival kerajaan yang digelar sang raja dan ratu untuk mengenang hilangnya putri tunggal mereka. Tentu saja, Rapunzel sangat senang ketika pertama kali ia berhasil menginjakkan kakinya di luar menara. Namun, kesenangan itu berubah menjadi sebuah petualangan ketika Flynn dan Rapunzel menjumpai banyak orang yang berniat menangkap Flynn. Ini masih ditambah lagi dengan berbagai usaha Mother Gothel untuk kembali mendapatkan Rapunzel setelah mengetahui bahwa dirinya lari dari menara tempat ia selama ini tinggal.

REVIEW

Dari segi cerita, dongeng seperti ini mungkin sangat  biasa, dan terlalu mudah ditebak endingnya. Tapi justru cara menggambarkan karakter dalam Tangled-lah yang membuat film animasi ini menarik dan tokoh Flyn Rider berhasil membuat saya jatuh cinta. Selain karena penampilan visualnya yang sangat tampan juga sifatnya yang sulit ditebak tetapi suka tebar pesona malah membuat "geregetan" dan menambah aura ketampanannya hehehe. Para animator nya berhasil menciptakan lingkungan bermain yang sangat indah. Dari awal film mata kita udah dimanjain sama animasi dan tokoh nya yang sangat hidup dan nyata. Dan adegan yang paling membuat saya kagum dan memperlihatkan spesial efek yang indah adalah ketika rapunzel dan flyn rider berada di danau yang penuh dengan lentera.


                                                         (Adegan favorite saya :p)

Sedikit disayangkan penggunaan efek 3D di film ini tidak terlalu berpengaruh besar.

Alur kisah film ini berisi berbagai adegan yang  segar, lucu, sangat menghibur penontonnya. Walaupun film ini terlalu segmented untuk dapat dinikmati oleh orang dewasa, namun sutradara dan penulisnya berhasil menjadikan film Tangled ini cukup mampu untuk dinikmati oleh penonton muda maupun penonton dewasa. 

Pemilihan pengisi suaranya untuk karakter rapunzel diisi oleh Mandy Moore,menurut saya cukup pas dan cocok dengan karakter rapunzel yang masih remaja, aktif dan suka menyanyi. Namun menurut saya karakter suara yang paling cocok adalah Zachary Levi dan Donna Murphy yang mengisi suara Flyn Rider dan Mother Gothel. Suara Zachary Levi yang mempunyai aksen british sangat cocok untuk karakter Flyn yang tampan dan suka tebar pesona dan suaranya merupakan salah satu daya pikat yang membuat saya "meleleh" dengan tokoh Flyn Rider :p  . Dan juga untuk Donna Murphy karakter suaranya yang berat sangat cocok untuk mengisi suara mother Gothel yang jahat.


Sayangnya soundtrack film ini, I See The Light yang dinyanyikan duet oleh Mandy Moore dan Zachary Levi kurang mampu memberikan nilai tambah bagi film ini. Tidak seperti soundtrack film disney lainnya seperti soundtrack film Beauty and the Beast, A Whole New World nya Aladdin yang sangat booming dipasaran dan sangat melekat dengan filmnya, bahkan soundtrack film Frozen yang notabenenya bukan film favorite saya, Let It Go mampu terngiang-ngiang terus di kepala saya dan sekarang ada di playlist MP3 saya. Namun tidak untuk soundtrack film rapunzel mungkin karena liriknya kurang "catchy" dan tidak mudah diingat.


Sebagai penonton aku memberikan 4 dari 5 bintang untuk film ini. Bagi penikmat film animasi, pasti akan jatuh cinta dengan film ini. Apalagi kisah putri berambut panjang ini dikemas dengan sangat baik dan sangat menghibur. Ditambah dengan balutan animasi dengan teknologi modern yang memanjakan mata kita. Menjadikan rapunzel sangat pantas disejajarkan dengan film animasi terbaik disney lainnya dan berhasil meraih film box office pada tahun 2010.






Tangled (Rapunzel) (Walt Disney Animation Studios/Walt Disney Pictures, 2010)
 Tangled (Rapunzel) (2010) Directed by Nathan Greno, Byron Howard Produced by Roy ConliWritten by Dan Fogelman (screenplay), Brothers Grimm (storyStarring Mandy Moore, Zachary Levi, Donna Murphy, Brad Garrett, Ron Perlman, Jeffrey Tambor, Richard Kiel, M. C. Gainey, Paul F. Tompkins Music by Alan Menken , Glenn Slater (songs and lyrics)Alan Menken (scoreEditing by  Tim Mertens Studio Walt Disney Animation Studios Distributed by Walt Disney Pictures Running Time 100 minutes Country United States Language English
            


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Argyle Creme Template © by beKreaTief | Copyright © aneu